Selasa, 20 Mei 2014

Kemauan Anak itu Sederhana

Setiap Anak saya lihat mainan2 bagus dan lucu di toko mainan, lalu terlihat seperti sangat ingin memilikinya,
Saya tinggal bilang:
"Maaf Angelo, kita harus beli itu dulu baru bisa memainkannya.."

Mendengar ini Anak saya pun mengerti, dan tak memaksa lagi untuk memainkannya.

Lalu, setiap Anak saya melihat mainan milik temannya yg menarik,
Dia pun berkeinginan untuk memainkannya.
Sehingga dia akan berusaha meminta ijin pada temannya tsb.

Kalau tak berhasil (tak dipinjamkan), dia akan minta tolong saya untuk meminta ijin pada temannya tsb.
Kalau ternyata tak berhasil juga, ya mau bilang apa? Masa saya paksa temannya itu untuk meminjamkan?

Ya akhirnya jadilah dia bersedih dan terlihat berusaha untuk tetap memainkannya.
Akhirnya saya pun tinggal menjelaskan:
"Angelo Maaf, Itu bukan Milikmu, tak apa ya.."

Dia pun akhirnya mengerti dan berusaha untuk mengalihkan perhatiannya ke mainan yg lain.

Namun ada satu hal yg Anak saya tampak tak mau dan tak bisa merelakan,
Yakni Waktu Bersama kami orang tuanya..

Dia tidak menuntut saya untuk membelikan dia mainan ini itu, tak juga meminta saya membawa dia ke Mall atau tempat permainan yg mahal2..

Yg dia minta dan butuhkan cuma 1:
WAKTU dari kami orang tuanya, untuk diluangkan bersama dengan dia (Quality Time).

Dia tak akan tantrum lama2 ketika tak dibelikan mainan atau tak dipinjamkan mainan oleh temannya.

Tapi dia akan sangat Kecewa dan sedih sekali ketika melihat Kami SIBUK, kurang memperhatikannya.

Yup, yg Anak mau itu Sederhana....
Apapun itu kegiatannya, asalkan bersama orang tuanya, mereka akan BAHAGIA.

Walau kita mungkin cuma duduk di dekatnya, dan memperhatikan mereka bermain, sudah cukup baginya..

Bahkan mungkin cuma 'mengekori' alias mengikuti kita pergi ke dapur saja, mereka sudah senangnya bukan main..

Yup, terkadang kita manusia lebih merasa SULIT untuk memberi WAKTU bagi anak.

Kita lebih 'rela' memberi mereka segala sesuatu berupa Materi atau kebutuhan fisik, sekalipun itu Mahal harganya - kita sangat rela..

Namun ketika mereka hanya meminta WAKTU yg berkwalitas untuk kita luangkan bersamanya,
Rasanya Suliiitttttt sekali..

Alasan yg mesti lakuin inilah itulah, padahal main inet bisa, nonton TV rutin bisa, pergi main bola sama teman bisa, dsb..

Padahal bagi anak,
Waktu Berkwalitas bersama kitalah yg Paling mereka BUTUHKAN.

Bukannya TV layar datar yg tercanggih, Smartphone yg Tertipis dan termutakhir, Mobil2 an yg menggunakan Aki yg bisa dicharge, boneka Barbie Import, dsb..

Itu semua hanyalah 'pelengkap',
Tanpa itu semua pun mereka sebenarnya sudah Senang,
Asal kita ada bersama mereka, melakukan Hal2 Sederhana namun Bermakna...

Melihat kita tersenyum dan tertawa ketika bermain bersama mereka,
Itulah HADIAH Sesungguhnya bagi anak...

Ya ya ya.... Saya semakin ke sini semakin sadar.. Bahwa yg paling dibutuhkan Anak sejatinya adalah Waktu Kebersamaan dengan Orang Tuanya...

Mungkin bagi orang lain, ada atau tidak adanya kita ya sama saja, alias Gak ngaruh apa2 buat hidup mereka..

Namun bagi Anak2 kita?
Kehadiran Kita SANGAT lah MEMPENGARUHI hidup mereka. Dengan kata lain, Sangat Penting....

Yup, kehadiran anak membuat kita merasa menjadi seperti 'Orang Penting' ya...

Semoga kita semua mampu menikmati dengan baik setiap Fase TumBang anak dengan Tulus Hati..

Untuk direnungkan:
"Sudahkah Saya sediakan Quality Time buat anak hari ini?"

~ Kids Are BEST GURU ~
(◦'⌣'◦)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar